Masa Kecil Suram

  • Oktober 09, 2020
  • By Nur Muhammad Luthfi
  • 0 Comments

Setiap orang pasti punya masa kecil masing-masing yang tentu pasti beragam. Di challenge hari ke (lupa hari ke berapa wkkwkw) yang kayaknya 12 (?) Maybe.. Gue mau cerita2 sedikit tentang kehidupan masa kecil gue. Let's go..

I would say that, masa kecil gue itu bisa dikatakan sebagai saksi hidup perjuangan orang tua gue. Semua yang ada saat ini gak akan mungkin ada kalau saat itu orang tua gak berjuang sekuat tenaga mereka. Bisa jadi gue gak ada diposisi sekarang, ntah lebih baik atau buruk dari ini. Dan juga, blog yang lagi kalian baca mungkin gak akan terbit.

Selama kecil, hidup keluarga gue itu susah. Dulu masih ingat banget di otak gue, dulu pernah tinggal di antara daerah Matraman deket Gramedia Matraman dan stasiun Jatinegara. Sekitar-sekitar situ lah. Tempat tinggal kala itu kecil banget, hampir sepetak. Hal yang paling gue rasain adalah setiap kali tidur gue selalu kegerahan karena kalau tidur nih selalu mepet-mepetan. Untung aja adek gue belum lahir kala itu. Mungkin, tiba-tiban kali ya kayak pemain smackdown. Btw, dulu gue demen nonton smackdown. Apalagi kalau udah ngeluarin jurus ultimatenya, gue suka banget sama ultimatenya undertake yang chokeslam. Kalau Undertaker udah ngeluarin jurusnya, mamam dah tuh yang kena. Tapi, karakter favorite gue bukan dia, karakter favorite gue itu Kane, masih pake topeng saat itu dan rambutnya gondrong. 

Ehhh kok jadi ngomongin smackdown.

Lanjut certinya, setiap hari gue selalu merasakan getaran yang dihasilkan oleh kereta api. Ntah gue lupa, kala itu kereta udah pake listrik atau uap atau lagi peralihan dari uap ke listrik. Hmmm. Setiap hari geterannya kerasa karena rumah gue deket rel kereta api. Luthfi kecil berasa guncangannya kaya gempa mini wkwk (gak lucu woy).

Keluarga gue juga kala itu sangat-sangat struggle secara finansial. Kerjaan ortu gue saat itu (sepertinya) belum seperti sekarang yang udah settle. Kalau lo pernah lihat iklan/banner/proganda gizi yang mengatakan 1 dari 9 anak kekurangan gizi yang cukup, gue adalah anak itu. Keluarga gue gak mampu untuk membelikan gue susu. Kalau anak-anak lain minum susu, gue minumnya teh cuy kwkwkw. Kebanyangkan struggle finansialnya seperti apa. Nah, selain itu, juga gue kalau mau nyari hiburan, misalnya nonton TV. Karna gak punya TV, gue kalau mau nonton tv tuh ngumpet-ngumpet nonton tv milik tetangga di jendela. Kadang-kadang berhasil. Kadang-kadang bernasib naas. Kalau tetangga gue lagi BT atau mungkin gak mau diganggu, jendelanya lansung ditutup pake horden dong wkwkwk. Sedih banget cok masa kecil gue. 

Road kehidupan berputar. Ya namanya juga hidup. Yang dulu di bawah sekarang ada ditengah-tengah. Alhamdullilah. Setidaknya ade-ade gue tidak merasakan apa yang gue rasakan dahulu kala. Makan tinggal makan. Tidur udah bisa barbar dikasur karena lega. Kadang gue iri juga sih mereka. Gue selalu membayangkan di kepala gue, what if, kalau pas gue lahir kehidupan keluarga gue udah settle. Akan tetapi gue sadar, semua ini pasti ada maksud tujuan dari sang Yang Maha Kuasa. Gak mungkin, Allah ngasih ini ke keluarga saat itu tanpa ada hal yang bisa kita pelajari dari. 

Gloomy banget yakkk 😭

Tapi,

Tapi,

Dari kejadian itu belajar banyak. Gue jadi bisa hidup lebih hemat. Seriously, gue termasuk orang yang gak perlu makan-makan di resto ataupun kafe-kafe fancy di Jakarta. Waktu gue kuliah, gue selalu langganan warteg atau warung makan sunda ketika temen-temen gue pergi ke McD, Richeese, KFC dan teman-teman fast food restaurant lainnya. Gue juga bersyukur, bisa hidup lebih damain dengan keadaan gue yang susah saat ini. Walaupun masih jauh dari kata mindful (sedang diusahakan ke arah sana). Dan salah satu yang paling kerasa adalah gue bisa menjadi orang yang bisa berempati ke orang-orang yang lagi struggle. Entah kenapa ketika ada orang curhat ke gue tentang masalahnya, gue bisa memposisikan diri gue dengan apa yang mereka rasakan. Cukup sensitif terhadap perasaaan. Untungnya gak baper yak wkwkw. 

Gue punya harapan, semoga kita semua ketika sudah berkeluarga, semogaa dengan paling serius apalagi yang akan jadi calon kepala rumah tanggan nih (ciee) bisa memprovide semua kebutuhan keluarga dari sandang, pangan, papan. At least, kehidupan sehari-hari terpenuhi lah. Kalau mau makan, ya makan, kalau mau minum ya minum. Gak bisa ngebayangin sih, kalau kita tidak bisa memprovide itu semua. Ntah apa rasanya, sebagai kepala keluarga kita tidak bisa mengayomi keluarga. 

Sedikit pesan-pesan (bukan iklan tv), yang udah diatas jangan sombong. Di atas langit masih ada langit. Di galaksi ini masih ada galaksi lainnya. Be Humble (ala Kendrick Lamar). Gue percaya semua yang ada kita punya adalah titipan dan akan dipertanggung jawabkan nantinya.

Kemudian yang lagi di bawah, tetep kuat dan semangat. Tetep berusaha! Gue selalu inget hadist ini, Allah tidak akan mengubah sebuah kaum, kecuali kaum itu merubah dirinya. Lu pengen hiduplu enak tapi lu gak berjuang, aneh banget bosq. Setelah kita berusaha, serahkan hasilnya kepada yang ada di atas. Kita gak akan tahu, yang namanya rezeki pasti akan datang. Kalau gak datang, namanya bang thoib. 

Sekian pesan-pesan yang sudah disampaikan. Mari kita tetap berjuang untuk hidup kita masing-masing. Semoga selalu yang didapat berkah. Aamin. 
Sedang memikirkan masa depan


You Might Also Like

0 komentar